Xilisoft Video Editor 2

Edit video liburan anda: Video-video hasil rekaman perjalanan Anda saat liburan rasanya akan sia-sia jika hanya menghuni isi hard disk saja. Oleh sebab itu, ada baiknya video-video tersebut Anda gabungkan dengan video lain agar seluruh video bisa dilihat bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan Xilisoft Video Editor 2. Setelah selesai di-install di PC, Anda jalankan aplikasi ini. Sebuah welcome screen akan muncul dan menampilkan tiga fungsi utamanya, yaitu Join, Split, dan Cut.

Dari namanya sudah diketahui bahwa Anda bisa melakukan penggabungan beberapa video melalui fungsi Join. Klik saja fungsi ini untuk membuka window Join. Masukkan dua atau tiga video ke dalam lembar kerja melalui tombol “+”. Video-video akan masuk ke dalam timeline. Tidak ada setting yang rumit di sini. Anda tinggal mengklik “Join”, aplikasi ini akan menanyakan kepada Anda kualitas video dan audio. Anda dapat memilih kualitas high, normal, dan low.

Selain itu, resolusi video juga bisa Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda. Apabila tidak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan preset. Ada banyak preset yang disediakan aplikasi dari Xilisoft ini. Anda bisa memilih output untuk smartphone, tablet, atau video web. Untuk smartphone, Anda tinggal memilih tipe smartphone yang Anda miliki. Jika tidak ada, sesuaikan saja dengan besar layar dan resolusi yang didukungnya. Untuk setting yang lebih luas, Anda bisa mengklik “More”.

Anda akan diberikan banyak opsi untuk kebutuhan penggabungan video, seperti pemilihan codec untuk cideo, bitrate, aspect ratio, hingga proses render video yang bisa dilakukan dua kali. Untuk proses Split juga tidak ada bedanya dengan proses Join. Anda tinggal memasukkan sebuah video dan klik fungsi “Split”. Pemisahan bisa Anda atur sesuai dengan keinginan Anda. Pemotongan bisa berdasarkan durasi atau junlah potongan. Kualitas video dapat diatur menyesuaikan file aslinya atau lebih diringkas agar menghemat hard disk. Sementara fungsi Cut ber fungsi untuk membuang beberapa adegan di dalam video.