Kebiasaan Mama Disaat Hamil

• Ivana Elisabeth Hutagalung: “Keluhan di saat hamil yaitu orang-orang di sekitar overprotektif. Saya itu hamil bukan sakit.”

Pendapat Ahlinya : “Sebuah kehamilan bukan sebagai penyakit, karena itulah wanita hamil diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Asal tetap menjaga kondisi tubuh jangan sampai kelelahan.”

MERASA CEPAT LELAH • Sari Riri: “Dulu pas hamil muda enggak berasa keluhan apa-apa. Begitu masuk trimester akhir, rasanya tambah banyak keluhan. Enggak kuat berdiri lama-lama, kaki rasanya mau copot kalau dipakai berdiri atau jalan lamalama. Udah mulai enggak enak tidur, dikit-dikit pengin pipis, kadang-kadang suka sesak dada apalagi pas debay (dedek bayi) gerak.”

KOMENTAR PAKAR: “Rasa cepat lelah disebabkan oleh beban pada perut akibat uterus yang makin besar serta diafragma yang makin tertekan ke atas, sehingga bumil akan berusaha untuk menarik napas (lebih) dalam. Kaki terasa sakit dan sering pipis karena tekanan darah ke panggul oleh rahim yang membesar.”

SERING BUANG AIR KECIL • Ria Puspasari: “Pada trimester satu, keluhannya mual, muntah, tidak tahan bau bawang putih dan parfum. Diatasi dengan makan sedikit-sedikit. Kalau muntah harus makan lagi. Hindari bau-bau yang menyengat. Di trimester dua, keluar jerawat di wajah, punggung, dada, perut, tangan kesemutan. Cara mengatasi dengan bersihkan tubuh dan jangan diberi obat jerawat, serta olahraga ringan. Trimester ketiga, badan terasa berat, susah memilih posisi tidur, sering buang air kecil. Cara mengatasinya, tidur miring ke kiri diganjal dengan bantal.”

KOMENTAR PAKAR: “Betul, pada trimester awal, mual muntah diatasi dengan makan sedikit tapi sering. Trimester 2 jika timbul jerawat, itu karena pengaruh hormonal. Dianjurkan untuk menjaga kebersihan kulit. Pada trimester 3 sering susah tidur, sering BAK karena uterus membesar. Jika berbaring miring ke kiri sehingga aliran darah ke janin tetap baik, karena pembuluh darah besar tidak tertekan oleh uterus.”

Untuk Anda yang akan mengikut tes TOEFL tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Tempat kursus TOEFL IBT adalah pilihan yang tepat. Sehingga Anda akan lebih percaya diri dan dapat melewati semua tes dengan lancar.