Jenis Karakter yang Harus Dikembangkan

Kejujuran

Mengandung dua hal, yaitu jujur pada diri sendiri dan jujur pada orang lain. a. Jujur pada diri sendiri. Ini adalah fondasi yang kuat untuk mengembangkan karakter positif lainnya. Dengan bersikap jujur pada diri sendiri, seseorang akan lebih merasa nyaman, tidak sibuk membuat alasan pembenaran yang dapat merugikan dirinya sendiri namun justru dapat menyusun strategi untuk memperbaiki diri. Karakter ini dapat dikembangkan seperti saat anak terjatuh waktu belajar berjalan, orangtua yang bijak tidak menghibur anak dengan menyalahkan jalan atau malah menyalahkan katak yang bahkan tidak ada di situ.

Pada situasi ini, seharusnya orangtua mengajak anak untuk lebih berhati-hati, memerhatikan jalan yang dilalui seraya memuji kemauan anak untuk terus belajar berjalan dan menegaskan bahwa jatuh atau gagal dalam proses belajar adalah wajar, setiap orang pernah mengalaminya. Sama halnya manakala anak mendapat nilai jelek dalam ujian, bukan guru yang disalahkan, namun anak diminta melakukan introspeksi diri dan dibantu untuk menyusun strategi mempersiapkan ujian di kemudian hari. b. Jujur pada orang lain.

Dengan bersikap jujur pada orang lain akan melatih anak bertanggung jawab terhadap kesalahan yang diperbuatnya. Bersikap jujur pada orang lain memberikan manfaat positif, baik pada orang lain maupun dirinya sendiri. Melatih kejujuran pada anak dapat dilakukan melalui komunik asi sehari-hari, bahkan sejak anak mulai belajar bicara. Contoh, Mama Papa menanyakan aktivitas harian anak dimana aktivitas tersebut dapat dicek kebenarannya, seperti: sudah gosok gigi atau belum atau apa jenis sayuran yang dimakan hari ini.

Apabila jawaban anak belum sesuai dengan fakta, mohon Mama Papa tidak melontarkan kata-kata yang menyudutkan bahwa anak berbohong. Melainkan, ajaklah anak untuk mengoreksi jawabannya sambil menjelaskan manfaat atau keuntungan bagi anak bila telah melakukan hal baik, seperti: menggosok gigi dan makan sayuran.

Sikap jujur sangat penting dalam dunia kerja karena itu akan membuat kepercayaan dari atasan , kolega kerja sampai hubungan kerjasama dengan perusahaan lainnya. Selain itu juga keahlian bahasa asing juga sangat penting. Agar anak ahli dalam berbahasa asing khususnya bahasa Jerman berikut ini rekomendasi kursus bahasa Jerman di Tangerang terbaik.