Jantung-jantung Kota yang Tersisihkan

Taman kota adalah sarana hiburan publik termurah yang tersedia di setiap kota. tak terkecuali Jakarta. sayangnya, belakangan ini taman kota mulai ditinggalkan, kalah pamor dengan ruang komunal modern yang memenuhi setiap sudut ibukota.  “Ambil bolanya, Dek!” suara riang terdengar dari balik pepohonan rindang itu. Tampak seorang anak laki-laki berusia 5 tahun sedang melempar bola kepada adiknya anak perempuan yang terlihat lebih kecil darinya.

Mereka berlarian di antara jalan setapak tersebut sembari tertawa lepas. Sesekali, mereka berhenti untuk mengelap keringat, namun mereka tetap ceria. Rasanya, mereka tak tersentuh udara panas yang menjadi ciri khas kota Jakarta, meskipun saat itu jarum jam sudah menunjuk ke angka 11. Sudah menjelang siang. Tak heran. Kedua kakak-adik tersebut memang sedang bersenda gurau di salah satu “jantung” Jakarta, tempat di mana oksigen mengalir deras sebagai hasil proses fotosintesis dari tumbuhan di sekitarnya.

Lahan terbuka hijau ini biasa disebut dengan taman kota, sebuah taman publik yang biasanya tersebar di seluruh pojokan kota. Ruang terbuka hijau ini tak hanya memiliki fungsi estetis belaka, tetapi juga berguna sebagai ruang komunal bagi masyarakat di kota tersebut. Bahkan, Nirwono Joga, seorang arsitek lansekap sekaligus aktivis komunitas Peta Hijau Jakarta, mengungkapkan bahwa taman kota merupakan sarana hiburan termurah yang dimiliki masyarakat.

“Enggak perlu biaya mahal untuk bisa nongkrong di taman, kan? Enggak seperti di kafe atau mall, kan?” ujar Nirwono Joga, yang biasa dipanggil dengan nama Yudi ini, antusias. Menurut Yudi pula, taman merupakan salah satu ruang komunal yang membumi, sehingga banyak menghasilkan interaksi sosial antar satu pengunjung dan pengunjung lainnya. Namun sayangnya, nasib taman-taman kota di Jakarta seakan terlantar dan tersisihkan. Terkalahkan oleh bangunan pertokoan modern yang menjulang perkasa di tengah kota. Seperti istilah “hidup segan, mati pun tak mau”, ruang-ruang hijau ini seperti sedang mengalami mati suri.

Sebuah taman dapat dijadikan tempat rekreasi dengan adanya pertunjukkan. Dan sebuah pertunjukkan di luar gedung tentunya membutuhkan genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Suplier jual genset 1000 Kva di Bandung.